• Jl. Terusan Padasuka Kp. Cimenyan
  • 71520576
  • desacimenyan1892@gmail.com
INFO
  • -SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CIMENYAN KECAMATAN CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG

PETA DIGITAL AMAN PANDEMI DESA CIMENYAN

26 November 2021 Administrator Berita Desa Dibaca 178 Kali

PETA DIGITAL WISATA AMAN PANDEMI DESA CIMENYAN

Desa Cimenyan merupakan sebuah desa di wilayah utara Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Berlokasi di wilayah dataran tinggi dengan view Kota Bandung yang cantik menjadikan desa cimenyan diburu oleh pengunjung yang ingin melihat keindahan Kota Bandung dari atas. Karenannya , seiring berjalannya waktu, semakin banyak tempat tempat wisata dan kafe serta warung kopi bernuansa outdoor yang tumbuh di wilayah desa cimenyan. Sebut saja Puncak Bukit Bintang/ Bukit Moko, Kampoeng Bamboe, Cartil, dan sebagainya yang tidak saja ramai di siang hari namun juga malam hari sebagai tempat menikmati Bandung Citylight.

Desa Cimenyan kaya akan hasil pertanian seperti bawang, umbi-umbian dan sayuran, serta tempat berkembangnya para UMKM yang memproduksi penganan lokal daerah seperti peuyeum, kopi, kerupuk jengkol, dan sebagainya.

Beberapa diantaranya sudah memiliki merk, seperti peuyeum abbas, kopi buntis, dan kerupuk jengkol legawa. Produk lokak unggulan ini berpotensi untuk dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung yang datang ke tempat wisata Desa Cimenyan, apabila produk produk ini disosialisasikan dan dipromosikan dengan baik melalui jejaring sosial media maupun website dsb.

Pandemi covid 19 yang melanda dunia sejak awal 2020 turut mempengaruhi sektor pariwisata dan UMKM khususnya di wilayah desa Cimenyan. Berbagai tempat wisata dan warung kopi terpaksa tutup untuk mengurangi penyebaran wabah. Tahun 2021 ini diharapkan menjadi awal yang baru (new normal) sekaligus harapan baru untuk bangkitnya kembali tempat wisata khususnya tempat wisata Ramah Pandemi di Desa Cimenyan. Upaya untuk mempromosikan kembali tempat wisata ramah pandemi Pemerintah Desa didukung oleh Program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Universitas Langlangbuana Kelompok 30 yang mencoba menghadirkan Peta Digital Wisata Aman Pandemi di Desa Cimenyan.

Peta Digital tersebut yang dapat diakses pada halaman web pariwisata Desa Cimenyan https://wisata.cimenyan.desa.id/. Melalui Peta Digital ini, diharapkan informasi informasi mengenai tempat wisata outdoor maupun semi outdoor serta produk unggulan UMKM di wilayah Desa Cimenyan akan terkomunikasikan dengan baik melalui website desa serta perangkat sosial media terkait desa lainnya.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar